Cara Atasi Motor Listrik yang Tarikan Awalnya Kurang Halus

Cara Atasi Motor Listrik yang Tarikan Awalnya Kurang Halus
Senin, 27 Februari 2023 13:00
Ruslan Abdul Gani

Ragam pilihan merek motor listrik semakin banyak hadir di Indonesia. Tiap pabrikan baru membawa model andalan dengan berbagai spesifikasi. Kebanyakan motor listrik yang hadir di pasaran pun memiliki tarikan awal kurang halus, tak seperti motor bensin. Sehingga, membuat pengendara cukup kesulitan saat kondisi jalanan macet.

Lantas, apakah bisa dibuat halus tarikan awal pada motor listrik? Arif selaku Kepala Teknisi Petrik Bike, bengkel spesialis konversi dan servis motor listrik menjelaskan tarikan awal motor listrik yang kurang halus bisa diperbaiki.

   Baca Juga: Posisi Tangki di Bawah, Yamaha Grand Filano Aman Lewati Banjir?

Cara Bikin Motor Listrik Halus Tarikan Awal

"Bisa dibuat menjadi halus tarikan awalnya, dengan cara mengganti komponen yang namanya controller," ujar Arif saat disambangi OtoRider di Pondok Gede, Jawa Barat.

Lebih lanjut, Arif menjelaskan setelah controller diganti dengan yang baru, nanti dilakukan setting ulang. "Biasanya kami setting atau programable dengan dicolok ke laptop sambil dibuat grafik kecepatannya, buat lembut di tarikan awal," ucap Arif.

Cara Bikin Motor Listrik Halus Tarikan Awal

   Baca Juga: Tips Rawat Suspensi SFF di Motor: Lebih Rumit, Tapi Mudah Dilakukan

Arif menjelaskan fungsi controller di motor listrik itu mirip dengan ECU di motor bensin. "Jadi, komponen ini mirip ECU yang mengatur seberapa besar keluaran bahan bakar dan pengapian. Kalau di motor listrik seberapa besar tenaga yang dikeluarkan dari dinamo motor," terangnya.

Untuk biayanya, Arif menjelaskan ganti controller mulai dari Rp 1,5 jutaan. "Biayanya mulai dari Rp 1,5 jutaan, ada yang lebih mahal tergantung spesifikasi dan mereknya. Harga tersebut sudah termasuk ongkos pasang dan setting serta garansi selama tiga bulan," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.