Kapan Waktu yang Tepat untuk Servis CVT Motor Matic?

Kapan Waktu yang Tepat untuk Servis CVT Motor Matic?
Rabu, 19 Juli 2023 16:30
Nabiel Giebran El Ri

OTORIDER - Servis berkala motor matic tidak hanya pada bagian mesin saja. Area penggerak seperti Continuously Variable Transmission (CVT) juga perlu mendapatkan perhatian.

Supaya dapat bekerja optimal, diperlukan servis CVT pada motor matic. Tiap pabrikan pun punya jadwal pengecekan yang berbeda mengenai hal ini.

   Baca Juga: Lebih Murah dari BeAT, Honda Rilis Skutik Baru Seharga Rp 15 Jutaan

Misalnya, Honda memiliki interval servis lebih cepat dibanding Yamaha. "Servis CVT motor Honda kami sarankan dilakukan pada kelipatan 8.000 kilometer," buka Budi, Service Advisor Kuda Mas Motor, Bojong Gede.

Sementara itu, Yamaha menyarankan servis CVT dilakukan dengan interval yang sedikit lebih panjang. "Servis CVT dilakukan tiap 10.000 kilometer sekali," ungkap Indra Gunawan, Service Advisor Yamaha Kurnia Jaya Motor, Sukahati.

Namun untuk pengerjaan CVT, semua pabrikan punya cara yang kurang lebih sama. Misalnya di bengkel resmi Honda, servis CVT meliputi pembersihan serta pemberian grease (gemuk).

   Baca Juga: Kebiasaan Sederhana Ini Buat Kampas Kopling Motor Jadi Lebih Awet

"Yang pasti kami lakukan pengecekan semua komponen CVT, mulai dari kampas ganda, belt, roller, dan yang lainnya,” lanjut Budi.

Tidak lupa juga pemberian grease atau gemuk. Hal ini turut dijelaskan lebih lengkap oleh Indra. "Biasanya pada bagian yang bergerak dan bergesekan seperti bosh dan rumah roller, bearing rumah kampas gandanya," ucap Indra. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.