Kehujanan dan Ingin Berteduh Saat Berkendara, Lakukan Hal Ini Agar Aman

Kehujanan dan Ingin Berteduh Saat Berkendara, Lakukan Hal Ini Agar Aman
Kamis, 2 Maret 2023 15:00
Benny Averdi

Saat menunggangi motor, tak menutup kemungkinan pengendara terkena siraman hujan. Sehingga, pengendara perlu menepi untuk berteduh hingga hujan reda atau sekadar menggunakan jaket anti-hujan.

"Terkadang, karena terburu-buru ada beberapa hal lupa dilakukan," ujar Catur Wibowo, Instruktur Defensive Driving di beberapa lembaga Defensive Driving Nasional.

   Baca Juga: Catat! Begini Perawatan Stiker yang Baik dan Benar pada Motor

Menurutnya, ketika terkena hujan, pengendara secara mendadak akan mencari tempat yang pas untuk berteduh atau sekadar mengunakan jas hujan.

"Karena mendadak, manuver pun dilakukan terlalu cepat, misal berbelok sembari menarik tuas rem secara mendadak. Hal itu malah bisa membahayakan," ungkapnya.

Berkendara Musim Hujan

Hal lain yang kerap terlupakan adalah ketika akan berbelok, pengendara tak menyalakan lampu sein dan tidak mengintip ke spion terlebih dulu.

"Itu tetap harus dibiasakan agar dalam keadaan apa pun, selalu melakukan prosedur seperti itu," kata Catur.

   Baca Juga: Beli Yamaha Fazzio Hybrid-Connected Dipersulit Dealer? Ini Faktanya

Lantas, ketika motor sudah terparkir dan menggunakan jas hujan, perhatikan posisi jok, apakah masih terbuka atau sudah tertutup rapat. Jika masih terbuka, sebaiknya ditutup serta perhatikan posisi dan keadaan motor bila berada agak jauh.

Tak hanya dalam kondisi ingin berteduh, Catur mengatakan dalam segala kondisi selalu perhatikan tekanan angin ban. "Usahakan sebelum berangkat, untuk memeriksa tekanan angin ban. Karena hal itu penting saat jalan kering apalagi saat basah," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.