Pakai Knalpot Standar Racing di Motor Matic Bisa Naikan Performa?

Pakai Knalpot Standar Racing di Motor Matic Bisa Naikan Performa?
Selasa, 6 Juni 2023 13:00
Ruslan Abdul Gani

Salah satu modifikasi yang cukup sering dilakukan oleh para pemilik motor ialah mengganti knalpot bawaan pabrik. Seperti saat ini sedang ramai pengguna motor matic berseliweran di jalan memakai knalpot jenis standar racing.

Lalu, apa saja kelebihan dari knalpot standar racing? Apakah bisa naikan performa?

   Baca Juga: Bahaya! Ini Efek Membiarkan Knalpot Motor yang Bocor

Knalpot Standar Racing

Willy Prihyanto selaku Bagian Pemasaran produsen knalpot ProSpeed dan KRace menjelaskan kelebihan utama dari knalpot standar racing itu punya bobot yang ringan meski bentuknya mirip standar pabrik. "Bobot knalpot standar racing itu 40% lebih enteng dari knalpot standar bawaan pabrik," ujar Willy kepada OtoRider.

Selain itu, knalpot standar racing juga punya ciri khas suara yang adem atau tidak terlalu bising. "Suara ademnya itu berkat desain sarangan knalpot di silincer berbeda, ada sekat kecil, fungsinya sebagai peredam," ucap Willy.

Bengkel Knalpot WRC Racing Muffler

   Baca Juga: Tak Disarankan Potong Rantai Motor, Ini Masalah yang Akan Muncul

Kemudian, kelebihan lain dari knalpot standar racing ialah bisa meningkatkan performa. "Power atau tenaga juga ada peningkatan, naik 1 dk," jelasnya.

Knalpot standar racing bisa meningkatkan performa berkat desain saringan, ukuran atau diameter silincer, dan leher yang berbeda dari knalpot bawaan pabrik. "Kalau buatan K'Race itu pakai header dengan diameter 28 mm, sedangkan inlet-nya pakai 38 mm. Ukuran header dan inlet yang lebih besar akan membuat aliran gas buang akan semakin lancar, otomatis performa meningkat," terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.