Tips Mengurangi Bunyi Berderit pada Motor Sembari Ngabuburit

Tips Mengurangi Bunyi Berderit pada Motor Sembari Ngabuburit
Minggu, 9 April 2023 22:10
Benny Averdi

Saat berpuasa, tentunya stamina badan tidak sebugar hari biasa. Rasa lemas, lelah bahkan mengantuk kerap menyambangi saat menjalankan ibadah puasa. Tetapi, ada hal yang bisa dilakukan sembari menunggu waktu berbuka puasa agar tidak jenuh, sembari merawat motor kesayangan.

"Dapat dikerjakan dengan ringan dan tidak dalam waktu yang lama. Bahkan kurang dari setengah jam pun bisa," ucap Sutrisno, Pemilik sekaligus Mekanik dari Jawa Motor Service di kawasan Palmerah Barat, Jakarta Barat.

   Baca Juga: Mau Dapat Subsidi Konversi Motor Listrik? Ini Cara Daftar & Prosesnya

Salah satu perawatan yang bisa dikerjakan sendiri di rumah adalah mengurangi bunyi berderit pada motor ketika digunakan. Menurut Sutrisno, beberapa komponen yang bergesekan bisa mengeluarkan bunyi derit, seperti as shockbreaker belakang, as lengan ayun, juga as pedal rem belakang, baik pada motor bebek maupun sport.

Pelumas serbaguna standar motor Rexco

Caranya pun mudah, cukup sempotkan cairan penetran ke bagian yang akan dilumasi. "Tidak perlu terlalu banyak, asalkan asnya sudah tersemprot, biasanya bunyi sudah hilang," ujar Sutrisno.

   Baca Juga: Federal Oil dan Mobil Lubricants Bakal Tambah Kapasitas Produksi di Cilegon

Cairan penetran pun cukup banyak di pasaran, antara lain seperti WD-40, Rexco 50, dan juga Pertamina Spreeze. Cairan penetran ini bisa diperoleh di toko aksesoris, baik offline maupun online dengan kisaran harga Rp 40 ribuan hingga Rp 70 ribuan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.