Masih OEM Look, Ini Caranya Upgrade Rem Yamaha Aerox 155

Rabu, 11 September 2024 09:00
Ilham Pratama

Salah satu solusi agar Yamaha Aerox 155 makin pakem bisa dengan mengganti kaliper rem depan yang masih single piston ke tipe double piston.

Masih OEM Look, Ini Caranya Upgrade Rem Yamaha Aerox 155 Kaliper rem dua piston.

OTORIDER - Secara standar pabrik, Yamaha Aerox 155 dibekali sistem rem cakram dengan kaliper single piston di roda depan dan tromol di belakang. Untuk varian ABS yang tertinggi pun memiliki kombinasi serupa. Hanya saja, model ini sudah dilengkapi sistem ABS single channel untuk roda depannya.

Salah satu solusi agar pengereman Yamaha Aerox 155 makin pakem bisa dengan mengganti kaliper rem depan ke tipe double piston. "Pakai kaliper 2 piston akan makin pakem. Sebab, cakram lebih gigit karena tekanannya lebih besar dibanding satu piston bawaan," jelas Ariyanto, Pemilik Bengkel Zona Speed di Jati Warna, Bekasi.

Di pasaran pun banyak pilihan kaliper dua piston. Beragam brand aftermarket menyediakan kaliper rem dua piston universal yang bisa dipakai juga oleh Yamaha Aerox 155.

Namun, jika ingin tampilan motor tetap standar atau OEM look, maka kaliper bawaan motor sport bisa dilirik. Misalnya motor-motor Yamaha seperti V-Ixion atau R15 sudah memakai tipe double piston di rem depannya.

Ariyanto menambahkan, penggunaan kaliper dua piston yang langsung plug and play di Yamaha Aerox 155 adalah kepunyaan R15 old (2014-2017).

"Pemasangan kaliper R15 old bisa langsung plug and play ke Aerox 155. Tak perlu bikin bracket baru, pakai selang dan master rem bawaan juga masih bisa," katanya.

Sedangkan, kaliper OEM lain seperti kepunyaan Yamaha V-Ixion dan R25 masih butuh bracket tambahan aftermarket. Sehingga, secara look mungkin masih terlihat motor modif.

Buat yang tak mau ribet, Ariyanto menyediakan paket penjualan dan pasang kaliper R15 old ini seharga Rp 500 ribu. Sedangkan, untuk yang membawa komponen sendiri, maka ongkos jasa pasangnya dikenakan Rp 60 ribu saja. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.