Masukan kata kunci yang ingin Anda cari pada kotak diatas.

Tentang Kami
Disclaimer Hubungi Kami Info Iklan Karir Peraturan Media Siber Redaksi Tentang Otorider Privacy Policy
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
redaksi@otorider.com (Redaksi)
marketing@otorider.com (Marketing)
Member of :
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.

Motor Listrik Terbakar? Jangan Asal Pilih Alat Pemadamnya!

Jumat, 4 Oktober 2024
Ilham Pratama

Dalam artikel sebelumnya kita membahas soal penyebab kebakaran motor listrik. Penyebab utamanya kerap diakibatkan dari thermal runway.

Ilustrasi motor listrik mengalami thermal runway. (Foto: Otorider/Ilham)

OTORIDER - Dalam artikel sebelumnya kami membahas soal penyebab kebakaran motor listrik. Penyebab utamanya kerap diakibatkan dari baterai yang terbakar atau juga dikenal sebagai thermal runway.

Nah, yang berbahaya dan mungkin masih belum disadari oleh pemilik motor listrik adalah thermal runway ini berbeda dari kebakaran biasa. Misalnya, jika terjadi di motor berbahan bakar bensin. Karena saat terjadi thermal runway, baterai akan terus menerus mengeluarkan api hingga betul-betul habis. Reaksinya pun tampak seperti ada ledakan.

"Thermal runaway tak perlu oksigen untuk terbakar. Karena bagian dalam baterai akan menjadi bahan bakarnya sendiri," papar Budi Satrio, Produk Manager PT Indolok Bakti Utama, produsen alat pemadam merek Gunnebo dan Indolok saat ditemui pada Rabu (2/10).

"Kebakaran di kendaraan konvensional (bensin) suhunya di bawah 600 derajat celcius. Kebakaran EV seperti Lithium bisa di angka 600-2000 celcius. Jadi tidak bisa pakai APAR yang konvensional, harus sesuai," papar Presiden Direktur PT Indolok Bakti Utama, Rahmat Rezki.

Menurutnya, APAR biasa yang jamak ditemui saat ini adalah tipe powder, foam, dan CO2. APAR jenis tersebut belum dapat diandalkan untuk memadamkan api dari baterai EV.

Untuk itu, pihaknya mengembangkan produk baru berjuluk Gunnebo Lith PRO yang dirilis 2 Oktober kemarin. "Kami sudah menemukan bahan yang tepat untuk memadamkan baterai EV tanpa merusak komponen lain seperti bodi dan kelistrikan," ucapnya di sela peluncuran produk tersebut di Cikarang, Jawa Barat.

Lebih jauh, APAR Lith PRO ini memakai jenis foam dengan kepadatan molekul yang lebih kuat. Sehingga, bisa mencegah reaksi kebakaran (thermal runaway) dari baterai listrik. Selain itu, APAR tersebut juga dapat digunakan pada api dengan suhu hingga 1.600 derajat celcius.

Soal harga, untuk ukuran tabung 1 liter Gunnebo Lith PRO dijual Rp 2 jutaan. Sedangkan, tipe 6 liter untuk mobil listrik di angka Rp 6,2 juta. (*)

Tag
Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Trending

#1

Cara Gunakan Cruise Control Motor Listrik Polytron Fox 500

#2

BYD Siap Dominasi Pasar Motor Listrik Global, Desain Bongsor

#3

Arti Livery Spesial LCR Honda pada MotoGP Mandalika 2024

#4

Marquez Kritik APAR Mandalika Usai Motornya Terbakar

#5

Larangan Berteduh di Bawah Flyover Bagi Pemotor Saat Hujan

Terbaru

Berita | 5 jam yang lalu

Daftar Merek Motor yang Hadir di IMOS 2024, Ada Apa Saja?

Berita | 6 jam yang lalu

PCX, Scoopy atau Motor Listrik Baru yang Akan Dirilis AHM?

Sport | 6 jam yang lalu

Pembalap Yogyakarta Berpeluang Raih Juara Dunia WSSP300!

Motor Listrik | 6 jam yang lalu

Diberitakan Habis, Kuota Motor Listrik Subsidi Masih Ada

Berita | 7 jam yang lalu

Ban Soft Compound Buat NMax, FDR Blaze MP Road Meluncur

Beranda Trending Motor Listrik