Masukan kata kunci yang ingin Anda cari pada kotak diatas.

Tentang Kami
Disclaimer Hubungi Kami Info Iklan Karir Peraturan Media Siber Redaksi Tentang Otorider
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
redaksi@otorider.com (Redaksi)
marketing@otorider.com (Marketing)
Member of :
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.

Ini Ubahan yang Dilakukan Saat Konversi Motor Listrik

Rabu, 8 Februari 2023
Ruslan Abdul Gani

Pemerintah saat ini tengah mengencarkan era elektrifikasi, salah satunya dengan mendukung bengkel konversi motor bensin menjadi motor listrik. Konversi motor listrik diyakini bisa mempercepat perkembangan elektrifikasi di Tanah Air. 

Beberapa bengkel konversi mulai dilatih agar mampu menghasilkan motor listrik konversi yang sesuai standar. Lantas, ubahan apa saja yang dilakukan pada proses konversi mesin bensin menjadi motor listrik?

   Baca Juga: Bolehkah Cat Semprot Langsung Ditimpa Cat Kompressor?

Arif selaku Kepala Teknisi Petrik Bike, bengkel spesial konversi motor listrik menjelaskan ubahan yang dilakukan pada proses konversi motor bensin menjadi motor listrik cukup ringan. "Salah satu komponen yang harus dilepas ialah mesin. Ini berlaku untuk semua jenis motor, supaya kalau ingin pakai baterai yang besar bisa muat," ujar Arif saat disambangi OtoRider di Pondok Gede, Jawa Barat.

Kemudian, bagian komponen lain juga perlu dilepas. "Kalau di motor matic itu transmisi CVT, boks filter udara serta tangki bahan bakar dilepas. Sistem CVT atau penggerak rodanya diubah langsung dari roda belakang, pakai dinamo sistem hub dan disambungkan menggunakan swing arm custom," ucap Arif.

Menurut Arif, untuk motor matic lebih baik pakai sistem dinamo hub. Karena, penyaluran daya menjadi lebih optimal dan ringkas. "Selain itu, kalau mau pakai baterai besar bisa ditaruh di bagian mesin. Kalau pakai sistem mid drive, tidak ada ruang untuk menyimpan baterai," jelasnya.

   Baca Juga: Perhatikan! Ini Tips Merawat Baterai Motor Listrik Agar Tetap Awet

Bagian tangki bensin posisinya digantikan untuk menaruh komponen controller. "Komponen controller ini berfungsi untuk mengatur kecepatan putaran dinamo, mirip ECU di motor bensin. Kemudian, ubahan lain paling mengganti speedometer dan throttle gas," terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Terbaru

Berita | 8 jam yang lalu

Update Harga Terbaru Honda Vario 125 dan Vario 160 per Mei 2024

Berita | 9 jam yang lalu

Pembatasan Usia Kendaraan di Jakarta, Wacana Lama yang Diungkit Lagi

Berita | 11 jam yang lalu

Berburu Yamaha Fazzio? Berikut Harga Barunya per Mei 2024

Sport | 12 jam yang lalu

Sempat Coba Yamaha YZR-M1, Toprak Razgatlioglu Merasa Kapok?

Sport | 13 jam yang lalu

Tampil Impresif, Valentino Rossi Penasaran pada Performa Pedro Acosta
Beranda Trending Motor Listrik