Apa Fungsi Bentuk Ulir Pada Ban Sepeda Motor?

Apa Fungsi Bentuk Ulir Pada Ban Sepeda Motor?
Selasa, 11 Februari 2020 11:00
Thio Pahlevi

Ban motor yang beredar di pasaran umumnya memiliki ulir atau kembangan ban yang cukup banyak. Biasanya, ban ini seringkali digunakan untuk motor harian.

Tak hanya itu, ada juga ban yang tidak memiliki ulir ban. Umumnya ban ini diperuntukan untuk ajang balap di sirkuit dan digunakan saat kondisi aspal kering.

   Baca Juga: Pernah Lihat Angka Ini Pada Ban Motor? Apa Artinya?

Lalu, apa sebenarnya fungsi dari ulir atau kembangan pada ban itu sendiri? Bagus Ardian selaku Big Engine Motorcycle Head Department Planet Ban memberikan penjelasannya.

Ban motor

 

"Alur ban itu sendiri fungsinya sebagai pemecah air, sehingga karet tetap bersentuhan dengan aspal dan juga agar tidak terjadi slip atau aquaplaning. Kalau ban itu botak, enggak bisa memecah air, ya selesai, pasti licin," ujar Bagus saat ditemui OtoRider di Depok, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: Bolehkah Pompa Ban Pakai Nitrogen Campur Angin Biasa?

Bagus menambahkan, ban yang digunakan untuk harian sebaiknya memiliki ulir atau kembangan yang seimbang. Maksudnya adalah ban dengan daya cengkram yang baik saat kondisi jalan basah maupun kering.

"Kalau ulirnya banyak, biasanya kondisi-kondisi wet atau basah, itu dia sangat mumpuni. Sementara, untuk ban balap atau high performance, itu kan memang rata-rata ulirnya sedikit. Karena memang mereka dibutuhkan pada saat dry bisa mencengkram lebih baik ke aspal. Jadi kenali dulu kebutuhannya," jelas Bagus.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.