Gunakan Tear-Off di Helm untuk Berkendara Harian. Apa Efeknya?

Gunakan Tear-Off di Helm untuk Berkendara Harian. Apa Efeknya?
Minggu, 29 Desember 2019 11:00
Thio Pahlevi

Helm saat ini tak hanya berfungsi sebagai pelindung kepala saat berkendara saja. Namun, juga bisa menjadi pendongkrak penampilan bikers yang menggunakannya.

Agar terlihat lebih menarik atau serupa dengan helm yang digunakan di ajang balap, beberapa orang melakukan modifikasi pada helm kesayangan. Modifikasi yang dilakukan umumnya dengan penambahan spoiler, anti-fog, hingga pelindung visor alias tear-off.

   Baca Juga: 7 Tanda Penggunaan Box yang Sudah Lebay

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah penggunaan tear-off untuk helm yang dipakai harian. Sekilas memang akan membuat tampilan helm lebih menarik. Akan tetapi, ternyata penggunaan tear-off ini bisa merugikan pemilik helm itu sendiri.

Apa kerugiannya? Winaldi selaku Sales Prime Gears yang merupakan distributor resmi helm Arai di Indonesia memberikan penjelasannya. Menurutnya, penggunaan tear-off untuk harian sebenarnya kurang direkomendasikan.

Prime Gears/ Helm Arai

"Karena kan gini, sebenarnya saat tear-off itu dipakai terlalu lama, banyak debu dan partikel halus yang masuk ke sela-sela tear-off dan visor helm. Itu justru bikin baret visor helm. Jadi, sebenarnya enggak ada pemakaian tear-off yang sampai lama," kata Winaldi saat ditemui OtoRider di Bintaro, Jakarta Selatan (27/12).

   Baca Juga: Pernah Lihat Kantung Kecil Ini di Motor Matik? Apa Fungsinya?

Umumnya, penggunaan tear-off dalam ajang balap hanya digunakan untuk sekali pemakaian saja. Nah, jika digunakan harian, berapa lama waktu penggantiannya?

"Tear-off itu pemakaian 3 hari sudah paling lama banget kalau tiap hari dipakai helmnya. Kalau terlalu lama, bisa bikin visor lecet pasti," jelas Winaldi.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.